Sabtu, 14 April 2012

Tips Memperbaiki Instalasi Listrik Rumah

Beberapa waktu yang lalu saya memanggil seorang petugas biro instalasi listrik untuk menambah instalasi baru dari instalasi yang telah ada. Banyak pelajaran yang saya peroleh setidaknya sebagai bekal bagi saya sebagai kepala rumah tangga ketika sewaktu-waktu harus melakukan perbaikan sendiri terhadap instalasi listrik yang ada dirumah dikarenakan petugas yang semestinya menangani terlambat atau bahkan tidak bisa datang. Kenapa saya katakan pelajaran ? Karena instalasi listrik adalah instalasi yang vital dalam membantu kehidupan kita sebagai manusia sekaligus instalasi yang juga dapat menancam jiwa kita dalam pengertian, instalasi listrik juga dapat menimbulkan kecelakaan hingga kematian. Dari hasil bincang-bincang saya dengan petugas tersebut, banyak pelajaran yang saya peroleh sekaligus mudah-mudahan menjadi Tips Memperbaiki Instalasi Listrik Rumah bagi sobat semilir sekalian :

Carilah petugas/biro instalasi yang terpercaya. Jika dikemudian hari terdapat permasalahan instalasi, kita dapat menghubungi mereka kembali untuk melakukan perbaikan, atau melakukan penambahan terhadap instalasi yang ada. Disamping itu, untuk menjaga jangan sampai bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan "murahan" yang dapat menimbulkan bahaya bagi kita penghuni rumah.
Periksa instalasi yang telah mereka pasang. Jangan percaya begitu saja. Cek dengan cara sederhana. Hal ini terjadi dirumah saya, ketika NCB dan sekering listrik sudah dimatikan, dengan menggunakan test pen saya dapati ternyata masih ada "API" yang masuk kedalam jaringan, itu artinya, ada masalah dengan instalasi listrik, bisa saja pemasangannya terbalik dari yang semestinya. Ini tentu berbahaya, karena ketika kita mematikan NCB dan sekering, kita menyangka kabel listrik sudah aman untuk kita pegang, padahal, masih ada aliran listriknya.
Jangan lakukan perbaikan instalasi listrik seorang diri, sebaiknya ada yang mengawasi, hal ini untuk menjaga kalau sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi seseorang yang terkena tegangan listrik, kesadaran dan refleknya akan hilang, sehingga jika dia tersengat dalam kurun waktu yang cukup lama, bisa membahayakan jiwanya. Itulah gunanya teman yang mengawasi. Dia dapat mengambil tindakan untuk menyingkirkan kabel/benda yang menjadi penyebab tersentrumnya korban.
Jika melakukan perbaikan listrik di loteng rumah, sebaiknya gunakan pencahayaan yang cukup, jika pencahayaan dari ventilasi yang ada tidak cukup, ada baiknya sobat persiapkan senter kepala.
Persiapkan alas kaki yang kering sebagai tindakan pencegahan jikalau kabel yang akan kita perbaiki masih dialiri arus listrik.
Jangan melakukan perbaikan dikala hujan lebat atau terjadi kebocoran atap rumah. Juga jangan melakukan perbaikan instalasi listrik dikala terjadi petir dan kilat yang menyambar-nyambar.
Buat lilitan yang sempurnya menggunakan tang. Karena lilitan yang tidak sempurna pada sambungan kabel, akan menimbulkan loncatan-loncatan api yang lama-lama menimbulkan panas yang menjadi penyebab kebakaran.
Beri isolasi yang cukup pada bagian yang terbuka. Ikuti prosedur standar Konsuil mengenai pemasangan instalasi listrik ini.
Lakukan pengecekan instalasi listrik secara periodik dengan menggunakan jasa petugas/biro yang terpercaya.
Sebelum menghidupkan kembali NCB dan sekering, yakinkan sekali lagi perbaikan yang telah kita lakukan benar-benar aman.
Sobat semilir, kesalahan dalam instalasi dapat membahayakan nyawa kita baik berupa tersentrum listrik maupun menimbulkan kebakaran, jadi sebaiknya hal ini jangan dianggap remeh.
http://semilirhati.blogspot.com
Insatalasi Listrik Rumah

0 komentar:

Posting Komentar

Google Publisher
Konveksi Toko Abi
Rating 4.7 89 reviews